🚀Pembaharuan Tampilan & Fitur Baru pada Aplikasi SFA (Sales Force Automation) - [10 June 2024]
Halo, Kawan Simpli! Ada kabar yang perlu kamu tahu, nih! Kini, terdapat pembaharuan tampilan dan fitur baru pada aplikasi SFA (Sales Force Automation) menjadi lebih lengkap dan jelas untuk memudahkan user dalam memaksimalkan penggunaan sistem.
What's Changed?
Perubahan Tampilan
What's New?
Merangkap Salesman & Canvasser
Customer Insight
Gambar Toko Pelanggan & Dokumen Pendukung
Riwayat Kunjungan
5 Foto Kunjungan
Alasan Kunjungan
Pesanan tanpa Kunjungan
Informasi Detail Produk
Wajib Foto Kunjungan
Dasbor yang lebih lengkap & informatif
Indikator Belum Sinkronisasi
Default Setting
Informasi Double Customer
Informasi Geo Tag
Geo Tag Customer tanpa Koordinat
Tambahan
Tampilan Baru
SimpliDOTS SFA sudah banyak perubahan nih, dari tampilan sampai flow-nya sudah lebih fresh, informatif, dan gampang banget dipakai! Navigasi jadi smooth, dan info yang kamu butuhkan tersaji dengan baik. Jadi, jangan sampai kamu skip update kali ini, ya!
Untuk update aplikasi terbaru ini, kamu dapat melakukan update aplikasi SFA dengan cara install SFA Baru. Namun, jika kamu tidak ingin update ke aplikasi SFA terbaru, silakan install SFA lama.
Berikut cara menggunakan SFA (Sales Force Automation):
Cara Menggunakan SFA Baru
Setelah salesman sudah selesai beraktivitas (tidak ada pending transaksi), uninstall SFA yang sedang dipakai saat ini.
Kemudian, install aplikasi SFA Baru dari link di sini.
WARNING!! SFA lama hanya akan bertahan sampai 1-2 bulan kedepan saja ya, Kawan Simpli. Harapannya, Kawan Simpli bisa menerima dan ikut menikmati fitur baru yang ada di SFA baru dengan nyaman!
Tampilan Baru
Merangkap Salesman & Canvasser
Kamu tidak perlu pusing lagi jika menjadi Salesman & Canvasser. Dengan aplikasi terbaru ini, semua jadi makin gampang hanya dalam 1 aplikasi. Fitur yang support kebutuhan dari salesman hingga canvasser, dashboard, stok yang jelas. Say goodbye to ribet gonta-ganti aplikasi!
Untuk melihat cara pakai sebagai salesman maupun canvasser, dapat lihat di sini, ya!
Customer Insight
Tidak perlu membayangkan kamu harus punya kekuatan super buat ngertiin semua tentang customer mu. Saat ini, informasi mengenai berapa total utang, berapa yang sudah lewat jatuh tempo, apa produk terfavorit, hingga kapan terakhir kali mereka dikunjungi dan riwayat pesanan mereka. Semua itu tidak perlu diingat satu per satu, karena di aplikasi terbaru ini, sudah sediakan semua insight yang dibutuhkan tentang customer. Jadi, bisa lebih santai and efisien dalam membangun relasi dengan mereka.
Gambar Toko Customer & Dokumen Pendukung
Tidak perlu lagi pusing-pusing tebak kira-kira mana nih toko yang mau kunjungi di antara barisan ruko yang mirip-mirip ini. Karena, di versi aplikasi terbaru ini, sudah ditambahkan gambar toko customer untuk mempermudah mengetahui gambar foto tokonya, dia warna apa dan sebelah mana.
Selain gambar, kita tambahkan juga dokumen pendukung yang bisa di-upload/lihat hingga 5 gambar tentang pelanggan ini.
Jadi saat mengunjungi pelanggan sudah lebih mudah dengan SFA ini karena sudah ada gambar toko dan fitur maps direction ke pelanggan.
Riwayat Kunjungan
Pernah nggak sih, tiba-tiba kamu dimintain info atau ada kuis dadakan dari SPVmu di kantor, 3 hari lalu kamu visit toko apa saja ya? Tenang tidak usah panik, cukup cek saja di aplikasi SFA baru ini. Karena sudah ditambahkan fitur baru untuk melihat history kunjungan.
Bagaimana fitur barunya sudah cukup? Atau masih kurang? Kalau masih kurang, tenang, ini masih banyak lagi nih fitur barunya. Coba lanjut lagi scroll ke bawah, yuk! 😁
5 Foto Kunjungan
Kami mendengar feedback dari Kawan Simpli kalau sebelumnya 3 foto kunjungan itu kurang karena banyak dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan atau difoto.
Nah, di release kali ini kita sudah support upload hingga 5 foto di setiap kunjungannya.
Harapannya dengan penambahan ini bisa empower kunjungan Kawan Simpli jadi lebih maksimal.
Alasan Kunjungan
Pernah ga sih, saat kawan Simpli kunjungan/visit ke toko customer tapi customer tersebut tidak ada transaksi belanja kali ini dan kamu lupa isi alasannya kenapa. Nah di versi baru ini, ketika checkout dari toko customer dan tidak ada transaksi. SFA akan ingatkan kamu untuk isi alasannya. Dengan adanya fitur ini, SPV tidak perlu tanya lagi kenapa toko tersebut tidak melakukan transaksi. Karena alasan tersebut sudah terkirim ke backoffice dan dapat diketahui oleh SPV. Adapun alasan default yang disediakan adalah Toko Tutup, Pemilik tidak ada, jadi tidak ada yang bisa mengambil keputusan, atau alasan lain ketik manual. Alasan default ini bisa diubah/di-custom di backoffice.
Harapannya dengan template reason ini, kedepannya bisa mempermudah dalam menarik insight biasanya customer sering tidak melakukan transaksi karena apa.
Pesanan Tanpa Kunjungan
Pasti Kawan Simpli pernah dapat customer yang menghubungi untuk pesan/order tiba-tiba contohnya karena stok dia sudah atau mau habis. Tapi, hari ini bukan jadwal kunjungan (daily visit) ke tokonya. Sebelumnya, ketika Kawan Simpli buat orderan tapi tidak kunjungan, otomatis dari orderan tersebut dianggap visit/kunjungan, dan kunjungan ini dianggap OOS (Out of Store) karena lokasi kamu tidak sedang di lokasi toko customer.
FYI:
Wajib Foto Kunjungan
Informasi Detail Produk
Di versi SFA terbaru ini, sudah ditambahkan setiap produk dilengkapi dengan foto, deskripsi yang detail, dan konversi unit yang lebih mudah dipahami. Ini akan transformasi caraKawan Simpli dalam melihat informasi produk jadi lebih informatif karena semua yang dibutuhkan sudah ada di aplikasi. Sehingga, saat customer bertanya tentang info produk, Kawan Simpl bisa jawab dengan lancar dan confident tanpa perlu buka brosur atau catalog lagi.
Dashboard Yang Lebih Lengkap & Informatif
Karena ada penggabungan antara SFA TO dengan Canvass pada aplikasi SFA ini, maka di Dashboard juga dilengkapi data berdasarkan filter tugas sebagai Salesman atau Canvasser atau keduanya.
Kawan Simpli bisa lebih mudah filter data berdasarkan periode harian, mingguan, bulanan, kuartal atau periode tanggal tertentu.
Selain itu, ada informasi lengkap mengenai peringkat pelanggan dan produk terbaik.
Indikator Data Belum Sinkronisasi
Setelah kunjungan dan buat orderan dari pagi sampai sore, kadang tidak terasa sudah di sore hari dan SPV kamu tanya, "Hari ini kenapa transaksi dan visitnya belum ada?" Hal ini bisa saja terjadi jika data lupa disinkron atau tidak sengaja terskip, sehingga belum muncul di backoffice. Bisa bikin semua pihak mikir hari itu Kamu tidak bekerja, padahal tidak benar.
Sebelumnya, tidak ada indikator yang menandakan bahwa ada data yang belum dikirim/disinkron.
Nah, di versi terbaru ini sudah ditambahkan indikator error sync di dashboard-nya, yang menunjukkan masih ada data yang pending atau belum ter-sync. Ditambah lagi, sekarang sudah bisa klik icon tersebut untuk lihat detail data apa saja yang masih belum terkirim. Ini, dapat membantu kamu memastikan tidak ada lagi miskomunikasi dan kesalahpahaman dengan SPV atau admin.
Dengan kehadiran fitur baru ini, tidak ada lagi deh, momen panik jika ditanya SPV tentang transaksi atau kunjungan yang kesannya 'hilang' secara tiba-tiba. Ini adalah cara kita memastikan bahwa semua usaha keras Kawan Simpli tercatat dengan baik dan tanpa sia-sia.
Default Setting
"Loh mba, di aplikasi saya kenapa masih belum muncul dan belum bisa pakai fitur promo ya?"
Mungkin ini salah satu dari beberapa pertanyaan yang pernah Kawan Simpli tanya ke Admin atau Simpli Support. Padahal fitur/setting-an tersebut sudah diaktifkan di backoffice, akan tetapi di aplikasi SFA masih belum bisa digunakan. Di update kali ini, kita sudah sediakan sesuatu yang bakal bikin kerja Kawan Simpli jadi lebih gampang. Kita punya tampilan default setting untuk cek konfigurasi apa saja yang sudah aktif dan yang belum. Jadi, bisa langsung kelihatan, kenapa fitur tertentu belum bisa digunakan.
Informasi Double Customer
Sebelumnya, terdapat beberapa case data customer double terinput sehingga datanya menjadi sangat banyak. Jadi, di release kali ini sudah ditambahkan validasi jika nama customer sama persis, akan muncul informasi "pelanggan sudah terdaftar" untuk meminimalisir data yang sama terinput lebih dari sekali.
"Tapi, bagaimana jika ada toko yang namanya memang sama persis?" Eits, tidak usah panik! Saran Androsim coba nama pelangga dibedakan pake nama kota atau wilayah, seperti "SimpliDOTS Medan" sama "SimpliDOTS Jakarta". Simple kan? Jadi, data kamu bakalan tetap rapi dan gak ada double yang bikin pusing.
Informasi Geo Tag
"Eh, kok data geo tag customer saya beda ya sama temen-temen sales lain?"
Nah, sebelumnya kamu bingung dengan pendataannya. Sekarang, semua tergantung sama setup yang dibuat oleh admin di back office. Mereka yang menentukan kamu ditentukan kunjungan berdasarkan daily rute atau tidak. Jadi, akan normal jikai datanya berbeda antar sales.
Di update terbaru ini, sudah lebih jelas terlihat di tampilan geo tag. Sekarang kamu bisa ngerti perbedaan data geo tag kamu jika sedang dengan rute atau tanpa rute. Kemudian, jadi tahu status rute kamu saat ini.
Geo Tag Customer tanpa Koordinat
Ada ketentuan untuk Kawan Simpli agar hanya boleh geo tag customer yang belum memiliki koordinat lokasi sama sekali. Agar datanya lebih autentik dan terverifikasi maksimal.
Sekarang, ada setting khusus di back office, yaitu "Izinkan pengubahan geo tag". Nah, kalo ini diaktifkan, kamu hanya bisa geo tag customer yang belum punya koordinat saja. Ini akan mencegah geo tag asal-asalan dan memastikan data customer kita tetap kredibel.
Tapi, "Bagaimana jika geo tag sebelumnya ternyata salah?" Tenang! Minta akses ke admin untuk hapus koordinat lamanya di back office dan kamu bisa geo tag ulang.
Tambahan
Kawan Simpli!
Sekarang SFA sudah support rute dengan setting minggu ke tiga dan ke empat, loh! jadi buat kamu yang punya rute dengan pengulangan hingga 3 dan 4 minggu sudah lebih mudah menggunakannya. Tidak perlu repot repot lagi ganti setiap minggu.
Kedepannya, kita akan pump out lebih banyak lagi pengembangan fitur di SFA versi terkini ini. Sementara bagaimana dengan SFA yang lama? SFA lama kan di-keep up dan maintenance saja. Jadi, besar harapannya Kawan Simpli bisa segera migrasi dan nyaman menggunakan semua fitur baru yang ditawarkan di SFA baru.
Ini baru permulaan, Kawan Simpli! Kita akan terus innovate, update, dan develop features yang lebih useful untuk boost produktivitas dan efisiensi tim sales dan distributor. So, let’s embrace these new features and changes.
We hope they help and make a difference for all of you. Keep rocking, everyone!
FYI: Panduan penggunaan dapat dilihat di sini ya
Selamat mencoba, Kawan Simpli!
Last updated