Page cover image

🚀Proteksi Jika Terdapat Perubahan Unit Produk yang Telah Memiliki Transaksi pada SMH - [01 Aug 2023]

Pada rilis kali ini, SimpliDOTS telah menambah fitur baru yaitu proteksi jika terjadi perubahan unit produk yang telah digunakan untuk transaksi.

Sebelum: User dapat mengedit nama unit atau konversi kuantitas unit dari produk yang telah memiliki transaksi seperti Sales Order (SO), Sales Invoice (SI), Stock, dan Price List. Namun, sekarang telah terdapat perubahan untuk melindungi data transaksi.

Contoh :

Produk A dengan unit Pcs telah dibuat transaksi pesanan penjualan dengan nomor SO-23070001. Kemudian, Anda mengubah produk A dari unit Pcs menjadi Sachet. Hal ini membuat ketidaksesuaian data antara detail produk A yang telah berubah menjadi Sachet sedangkan yang di orderan SO-23070001 masih menggunakan unit Pcs. atau Produk A dengan unit Krt isi 10 Pcs telah dibuat transaksi pesanan penjualan dengan nomor SO-23070002. Kemudian, Anda mengubah produk A dari unit Krt isi 10 Pcs menjadi isi 12 Pcs.

Hal ini membuat ketidaksesuaian data antara detail produk A yang telah berubah menjadi 1 Krt isi 12 Pcs sedangkan yang di orderan SO-23070001 masih menggunakan unit 1 Krt isi 10 Pcs. Sesudah : Ketika produk telah memiliki transaksi seperti SO, SI, Stock, atau Price List, User tidak lagi dapat mengedit unit baik nama maupun isi kuantitas unit dari produk tersebut. Hal ini kami lakukan untuk mencegah terjadinya kekacauan dalam data transaksi User.

Jika User memaksa untuk mengubah unit, maka akan muncul pesan error "Cannot edit product unit because the product already has order transactions" seperti berikut ini.

Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)

Last updated